Senin, 29 Desember 2014

Apa yang beda??


Perbedaan emang sesuatu yg biasa ditemui. Perbedaan meliputi berbagai hal, bisa waktu, bentuk, warna, sifat, kebiasaan, rasa, dan banyak lagi. Sesuai dengan judul tulisan diatas, aku akan kasih tau ke kalian mengenai "apa yang beda??" dari sekolah dan kuliah. Emang sih tujuan dari 2 hal itu sama untuk nuntut ilmu. Nah disini aku akan bahas kebalikannya, yaitu bedanya sekolah dan kuliah dalam beberapa hal. Yuuk disimak.

1. Waktu Belajar
Sekolah dari tingkat TK sampai SMA punya waktu belajar yg relatif sama. Masuk pagi sekitar pukul 07.00 dan pulang menjelang siang pukul 12.00.
Tapi kalo kuliah, waktu belajar nggak seindah itu. Kita masuk di shift yang kadang punya jarak waktu kosong dari satu matkul ke matkul berikutnya. Misalnya, kalo dikampus aku masuk shift 1 kelas mulai jam 08.30 sampai 09.30 untuk matkul pengantar bisnis. Nah dimatkul berikutnya aku dapet shift 5 yaitu pukul 12.30 sampai 13.30. Diantara 2 matkul itu ada waktu senggangnya, itu dia yg beda dan kadang buat jenuh. Bingung harus ngabisin waktu dengan buat apa haha.

2. Pakaian
Sekolah itu udah pasti punya seragam yg sama untuk setiap siswanya. Dan setiap harinya pun diatur harus pake seragam yang mana.
Beda sama kuliah. Kita boleh pakai baju bebas tapi tetap sopan. Sukanya adalah pakaian kita nggak akan sama tiap harinya alias ganti2 terus. Nah dukanya iniloh, kadang aku suka bingung harus pake baju apa karna persediaan mulai menipis, masa iya aku pake baju 2 kali dalam seminggu haha. Sampe temenku juga ikut bingung dan solusinya adalah dengan mengakali aksen tambahan seperti pakai kardigan. Tapi tips yg paling manjur sih biasanya pinjem baju ke temen buat gantian atau bahkan pinjem baju mamah. Iya, ini serius loh hahaha.

3.Waktu Makan
Kalo masih jadi siswa mungkin kalian bisa makan teratur 3 kali sehari karna waktu yg mudah disiasati. Sebagai mahasiswa aku merasakan perubahan pada jadwal makan aku. Yang nggak tentu dan nggak teratur bahkan kadang sampe lupa makan. Iya, mahasiswa itu ribet sama waktu dan tugas yg kadang nggak sinkron. Masuk kelas waktu jam makan siang, tugas yg belom selesai dan nggak bisa ditinggal karena deadline dan banyak alasan lainnya. Dari situlah aku merasakan bedanya, waktu sekolah dulu aku bisa makan teratur sehari 3 kali. Tapi setelah jadi mahasiswa berubah. Aku makan kalo ingat (ada yg ingetin), kalo laper dan kalo ada uang. Begitulah mahasiswa :D

4. Saat Ada Kelas
Siswa yg baik, saat kelas berlangsung yg dikerjakan adalah mendengarkan materi yg disampaikan guru, mencatat lalu bertanya bila perlu. Keadaan kelas kondusif dan tenang karena takut, bila ada sedikit saja keributan maka guru akan memberikan hukuman.
Dikelas saat kuliah, dosen sibuk menjelaskan materi sambil menulis dipapan. Sementara dibelakang punggung, mahasiswa baik2 akan mendengarkan dengan tenang lalu mencatat point penting serta bertanya apabila ada yg kurang dipahami. Eits tapi nggak semua mahasiswa itu baik2 loh. Ada juga yg sedikit nakal macam aku misalnya. Saat kelas berlangsung yg dilakukan mahasiswa nakal adalah sibuk bercengkrama, bercanda, makan, minum, dengar lagu lewat headphone, selfie ria bahkan pura2 keluar buat ke toilet dan nggak balik2 lagi. Mencatat itu nggak wajib, solusinya adalah bawa pulang atau foto catetan temen yg lengkap hahaha. Tapi jangan ditiru yaa, kembali lagi pada diri masing2 dalam mencermati hal diatas. Aku juga ngelakuin hal tersebut nggak sering2 kok, kalo lagi jenuh aja :p

Kayaknya itu ajasih perbedaan yg paling menojol antara sekolah dan kuliah. Emang banyak baik dan buruknya dari sudut pandang yg dilihat. Tapi aku harap teman2 bisa ambil sisi positifnya dari apa yg aku tulis dan selalu bersikap bijak yaa. Semoga bisa memberikan gambaran dan bisa kalian siasati dari hal buruk yg aku ceritakan. Jangan contoh hal buruk diatas ya teman2. Aku yakin kalian lebih mengerti..byee~ ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengalaman Seleksi Magang Bakti BCA dari FAME Consultant

Hallo! kenalin nama gue Ayu. Tanggal 7 Februari kemarin gue baru aja dapet panggilan interview dari FAME Consultant yang gue apply lewat...